Gangguan Kesehatan Mental di Usia Remaja Melihat dari Lingkungan Sekitar

Penulis: Nur Fitri Ibnu

Kesehatan mental adalah aspek yang berkaitan dengan psikis yang akan mempengaruhi kinerja fisik dan pikiran individu. Gangguan kesehatan mental bukan hal yang diinginkan. Namun, jika dilihat di zaman sekarang yang mengalami gangguan mental sering terjadi di kalangan remaja. 

Hal tersebut disebabkan oleh perkembangan zaman yang meliputi beberapa faktor. Yang pertama, era digital yang menggunakan sosial media terlalu berlebihan, tepatnya menyalahgunakan sosial media, yang memberi dampak negatif pada individu. 

Sosial media berdampak negatif karena remaja sekarang hanya mengandalkan sosial media sebagai pelarian ketika tidak ada aktivitas yang menggunakan pergerakan fisik dan melihat konten yang negatif sehingga memengaruhi pola pikir. 

Gangguan kesehatan mental juga bisa terjadi karena adanya tekanan berlebihan pada pikiran. Yang dimana pada hal tersebut terjadi diluar kendali individu. 

Adapun faktor berikutnya, yakni orangtua terkadang menuntut para remajanya menjadi anak yang sempurna dari fisik serta pola pemikiran tanpa menyadari memberi tekanan pada pikiran remaja. 

Contohnya, orangtua berpikir dengan menuntut remaja mendapat nilai yang bagus dan sesuai dengan ekspetasi mereka akan sangat lah bagus.

Namun, lain lagi dengan remaja yang tidak bisa mengatur pola pikirnya dengan baik, apalagi jika harus melakukan hal yang tidak sesuai dengan keinginan dan tidak mendapat suatu hal yang diminati atau berbeda dengan pola pikir orangtua. 

Sehingga remaja tersebut akan merasa tertekan dan berpikir berlebihan ketika tidak bisa menyesuaikan ekspetasi dengan peminatannya. 

Dua faktor tersebut adalah faktor yang biasa kita jumpai yang sering membuat remaja merasa depresi. Nah bagaimana caranya agar remaja sekarang bisa memeliki mental yang sehat? 

Remaja bisa menggunakan sosial media melihat konten positif yang menjadi edukasi terhadap pemikirannya disertai oleh pemantauan orangtua. Dan terhadap tuntutan orangtua, remaja bisa memberitahukan isi hati mereka dan peminatan mereka berlawanan dengan kemampuan yang dimiliki. 

Gangguan kesehatan mental juga bisa kita atasi dengan cara menggunakan pola hidup sehat yang diiringi oleh olahraga dan makanan sehat serta pola tidur yang cukup. 

Hal tersebut bisa membuat pikiran kita lebih tenang dan fisik bisa lebih sehat dan segar. Sehingga, keadaan psikis akan terasa lebih nyaman.

Penulis: Nur Fitri Ibnu

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال