Pj Bupati Wajo Terima Penghargaan Desa Sadar Hukum dari Menkum HAM


InilahCelebes.com, Makassar - Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly meresmikan 33 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di wilayah Sulawesi Selatan. Ia mengatakan keberadaan desa/kelurahan sadar hukum sangat mendukung iklim investasi di Sulsel.

Yasonna menyampaikan, keberhasilan ini tidak lepas dari sinergi antara Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham, dan Pemerintah Daerah.

“Peresmian ini merupakan prestasi dan hasil kerja nyata melalui pelaksanaan pembinaan kelompok keluarga sadar hukum (KADARKUM), pengembangan Desa/Kelurahan Binaan, sampai dengan terbentuknya Desa/Kelurahan Sadar Hukum,” ujarnya di Claro Hotel Makassar, Jumat (14/06/24).

“Semoga dengan peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum tahun 2024 ini, semakin meningkatkan kinerja, integritas, dan berkontribusi dalam membangun hukum di Provinsi Sulawesi Selatan, serta mewujudkan tujuan pembangunan hukum nasional di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” lanjutnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Menkumham membacakan "Pappasang" (pesan moral) Suku Bugis Makassar: "Le’ba kusorongna biseangku, ku campa’na sombalakku, tamassaile punna teai labuang," yang berarti "bila perahu telah kudorong, layar telah terkembang, pantang ku berpaling kalau bukan labuhan yang kutuju."

Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrulloh, dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, mengungkapkan bahwa Desa/Kelurahan Sadar Hukum merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat desa terhadap hukum yang berlaku di Indonesia. 

Program ini membutuhkan komitmen dan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah desa, aparat penegak hukum, dan masyarakat. Pendekatan yang holistik dan partisipatif diperlukan untuk mewujudkan desa yang sadar dan patuh terhadap hukum di Indonesia.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Sulsel menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini sebagai wujud kebersamaan dan kekuatan kita untuk bersama-sama maju dan sadar hukum. Upaya ini juga sejalan dengan semangat Indeks Desa Membangun (IDM) di Sulsel, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan. 

Sementara Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak, menyatakan bahwa penambahan jumlah Desa/Kelurahan Sadar Hukum menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sulsel. Sebelumnya, provinsi tersebut telah memiliki 48 Desa/Kelurahan Sadar Hukum, dan dengan peresmian ini, jumlahnya bertambah menjadi 81.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly juga memberikan piagam penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Anubhawa Sasana Kelurahan kepada Pj Gubernur dan delapan bupati/walikota, termasuk Pj Bupati Wajo Andi Bataralifu yang telah membina dan mengukuhkan Desa-Desa Binaan di Wilayah Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2024 sebagai Desa Sadar Hukum.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan medali kepada 28 camat dan 33 Kepala Desa/Kelurahan Sadar Hukum.

Pj Bupati Wajo, Andi Bataralifu yang hadir pada kegiatan tersebut bersama Ketua DPRD Wajo Andi Alauddin P, Kabag Hukum Setda Wajo Andi Elvira, Camat Tanasitolo Andi Sahri Alam P, Kepala Desa Pakkana Wikra Wardana dan Kepala Desa Nepo Sulhi, menyampaikan bahwa Pemerintah dan Aparat Penegak Hukum akan selalu membangun sinergitas dan terus berkolaborasi dalam membangun mindset masyarakat yang sadar dan taat akan hukum. (Adv Humas Wajo)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال